en id

Berita

ANGIN KENCANG SEBABKAN WERIS AIR ALAMI KECELAKAAN

03 Oct 2016

kembali ke list


Angin Kencang Sebabkan  Weris Air alami Kecelakaan

Manado - Sebuah Pesawat milik Maskapai Penerbangan WERIS AIR jenis ATR 72 - 500 dengan Call Sign WR -300 dengan Route Makassar - Manado mengalami kecelakaan dan terbakar di Bandara Sam Ratulangi Manado.

Pesawat yang mengangkut 50 orang penumpang tersebut, terbang  dari Makassar menuju Manado dengan keadaan cuaca buruk yang diperkirakan akan mendarat pada pukul.17.30 WITA menggunakan Runway 18.

Petugas ATC Sam Ratulangi menghubungi Watch Room ARFF, bahwa pesawat tetap akan landing dikarenakan setelah holding dan berencana RTB  (kembali ke Bandara asal) ternyata bandara asal juga mengalami cuaca buruk.Kemudian petugas Watch Room menginfokan keseluruhan personil stand by di kendaraan.

Saat pesawat posisi mendekati Landasan/ short final dan siap mendarat tiba-tiba datang angin menyilang (cross wind) dari timur, pesawat terhempas berputar 180 Derajat dan crash di sebelah kanan Shoulder Taxi Way Bravo, Pesawat terbakar disisi kanan badan pesawat.

Kejadian ini bukanlah kejadian sesungguhnya, akan tetapi merupakan skenario latihan/ Hot Drill Airport Fire Fighting & Rescue Section PT. Angkasa Pura I Bandara Sam Ratulangi Manado.

Kegiatan latihan ini dilaksanakan pada Jumat (30/9) pukul 17.30 WITA. Sesaat setelah bunyi crash bell seluruh personel AFFR segera menuju lokasi latihan Shoulder Taxi Way Bravo  untuk melakukan pemadaman dan melakukan pertolongan.

General Manager Nugroho Jati yang menyaksikan pelaksanaan latihan  ini tampak puas dengan kesiapan personil dan peralatan sehingga mampu mencapai rensponse time sesuai dengan yang dipersyaratkan.

Dalam latihan Hot Drill kali ini AFFR Section melibatkan 20 personil. Sementara dari sisi fasilitas peralatan  yang digunakan terdiri dari 2 unit ambulance, 1 unit Commando Car serta 1 unit Utility Car. [HUMAS MDC]