en id

Bandara Sam Ratulangi Tata Ulang Taksi dan Mobil Rental

10 Mar 2017

kembali ke list


Manado -  Setelah sebelumnya menggelar workshop hospitality utk mempersiapkan SDM yang ramah dalam pelayanan,  kali ini Bandara Sam Ratulangi melaksanakan penataan ulang taksi dan mobil rental yang beroperasi di bandara. Puluhan mobil yang sudah berderet sejak Jumat pagi (10/3) di lapangan kantor administrasi Bandara Sam Ratulangi Manado,  diberikan identitas berupa stiker taksi dan mobil rental bandara.

"Penataan yang kita lakukan ini adalah upaya kami berbenah dalam pelayanan bagi pengguna jasa bandara.  Contohnya  jika ada penumpang yang ketinggalan barang di mobil atau taksi, kita bisa dengan cepat mengindentifikasi kendaraan tersebut karena sudah terdaftar dan resmi beroperasi di Bandara," jelas General Manager Bandara Sam Ratulangi Nugroho Jati.

Dirinya menambahkan,  marka dan rambu serta petunjuk jalur di area drop zone dan pick up zone juga akan akan ditata lebih rapi lagi. "Setelah kami berlakukan separasi 3 jalur dan pengendapan mobil penjemput untuk vip,  hasilnya sudah tidak tampak lagi antrian mobil di area tersebut.  Beberapa lokasi juga sementara disiapkan untuk parkir taksi, pengguna jasa, serta parkir karyawan. Secara bertahap,  selain sarananya,  kemampuan pelayanan personil pengemudi taksi maupun mobil rental akan kami upgrade melalui pelatihan dalam pelayanan kepada pengguna jasa," ungkapnya.

Upaya ini disambut baik oleh pengusaha taksi dan mobil rental sebagai mitra usaha bandara.  Gosal,  salah satu pengemudi Dian Taksi mengaku telah lama resah dengan keberadaan taksi gelap. "Kami sangat mengapresiasi adanya pemasangan stiker tanda resmi dari pengelola bandara, dengan begini keresahan kami akan keberadaan taksi gelap bisa kami ketahui hanya dengan kasat mata, dan besar harapan kami agar Pihak manajemen pengelola bandara bisa menertibkannya," ucapnya

Pemasangan identitas berupa stiker ini telah melalui serangkaian pembahasan antara manajemen Bandara Sam Ratulangi dengan 5 (lima) mitra usaha taksi dan mobil rental.  "Atas kesepakatan bersama, kami bersyukur acara pemasangan stiker hari ini berjalan lancar," ucap Jati.

Saat ini total taksi dan mobil rental yang resmi melayani penumpang di Bandara Sam Ratulangi Manado tercatat sejumlah 115 kendaraan milik Blue Bird (40), Dian Taksi (20), Makaria (20),  Chellos (20),  dan KSU Batu API (15). [HUMAS MDC]